Uraian
tugas pengurus PKG PAUD Jendral Sudirman Kecamatan Karangtengah adalah :
a) Ketua
:
- Menciptakan suatu iklim kebersamaan antara sesame anggota PKG.
·
Bersama dengan pengurus
PKG menyusun program kerja PKG sesuai dengan kebutuhan prioritas anggota yang terkait
dengan peningkatan kompetensi anggota.
- Mengajukan program kerja untuk disyahkan oleh pembina.
- Menggerakan pertemuan-pertemuan berkala dan kegiatan yang ditetapkan dalam program kerja.
- Mempertanggung jawabkan pelaksanaan program kepada pembina.
b) Sekretaris :
- Bertanggungjawab dalam bidang administrasi PKG
- Melaksanakan persuratan kegiatan PKG
- Mendokumentasikan dan menyebarluaskan hasil-hasil pertemuan PKG.
- Menyusun laporan hasil kegiatan PKG untuk bahan pelaporan kepada Pembina kecamatan.
c) Bendahara
:
Bendahara
membantu ketua dalam menghimpun dana, mengelola, membukukan dan mempertanggungjawabkan
keuangan PKG PAUD kepada anggota.
d) KelompokKerja
TK/KB/TPA:
- Mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan sesuai dengan program layanan.
- Menggali pengetahuan dari berbagai sumber belajar untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi gugus.
- Menginformasikan pengetahuan/keterampilan baru yang di dapat dari berbagai kegiatan dan sumber belajar kepada gugus.
- Mengevaluasi program kerja KKP dan kemajuan dari gugus binaan.
- Melaporkankegiatandan program kerja KKP kepada ketua sebagai bahan penyusunan laporan program kerja PKG.
- Menyusun alokasi kegiatan berdasarkan kalender akademik PAUD yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
- Melakukan pendataan guru yang membina masing-masing program (TK/KB/TPA )
- Menyusun dan memajukan program untuk peningkatan kemampuan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi guru PAUD.
- Menyusun strategi peningkatan kompetensi dan kualifikasi guru PAUD.
- Peningkatan pengelolaan pembelajaran
- Melakukan pendampingan terhadap lembaga PAUD yang mengalami masalah pelaksanaan dan pengembangan pembelajaran.
- Mengembangkan strategi peningkatan peran serta orang tua, komite sekolah dan stakeholder lainnya dalam kegiatan Gugus PAUD dan PKG.
e) Kelompok
Kerja Kepala/Pengelola
- Menterjemahkan kalender akademik PAUD yang ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten kedalam kalender akademik lembaga PAUD.
- Menyusun strategi penerimaan anak didik baru di lembaga-lembaga PAUD.
- Menyusun dan memajukan program untuk peningkatan kemampuan kepemimpinan dan manajerial bagi kepala/pengelola PAUD.
- Melakukan pendataan lembaga PAUD dan bentuk layanannya.
- Menyusun strategi peningkatan status kelembagaan (izin pendirian lembaga, izin operasional, akreditasi lembaga, akreditasi program) PAUD.
- Pembenahan administrasi pendidik, tenaga kependidikan, dan lembaga (NUPTK. NISP).
- Melakukan pendampingan terhadap lembaga PAUD yang mengalami masalah manajerial dan pengembangan lembaga.
- Peningkatan peran serta orang tua, komite sekolah dan Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) dan Ikatan Pendidik Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI-PGRI) dan HIMPAUDI dalam kegiatan Gugus PAUD dan PKG.
alhamdulillah ini bermanfaat buat saya ,bagi pengurus baru sangat membantu,izin copas y terimakasaih
BalasHapusterimakasih bpk, sangat bermanfaat bg gugus kami
BalasHapus